Mahasiswa KKN Reguler UIN Prof. K.H. Syaifuddin Zuhri Purwokerto kelompok 100 Desa Karangpule Laksanakan “Sosialisasi Pencegahan Narkoba & HIV AIDS Sejak Usia Dini & Bahayanya Bagi Generasi Muda” bertempat di Aula Desa Karangpule. Senin (21-08-2022)

Senin, 21 Agustus 2022 Pukul 13.00 bertempat di Aula Balai Desa Karangpule, dilaksanakan Sosialisasi Pencegahan Narkoba & HIV AIDS sejak usia dini & bahayanya bagi generasi muda. Kegiatan ini dibuka oleh ketua koordinator desa Ramadhani Burhanuddin Selaku Mahasiswa KKN dari Kelompok 100 UIN SAIZU Purwokerto dan diikuti oleh pemuda – pemudi desa karangpule.

Ibu Asni Kusumaningrum (dengan materi pencegahan narkoba dan bahaya HIV AIDS) dalam pemaparannya disampaikan mengenai pengertian dari narkoba, jenis-jenis narkoba, hiv dan aids, serta cara pencegahan. narkoba merupakan zat adiktif berbahaya yang dapat menyebabkan kecanduan dan tidak baik apabila digunakan secara berlebihan dan jangka waktu yang terus menerus.

(Pemberian Materi Terkait Narkoba & HIV AIDS Untuk Remaja desa)

Dijelaskan Bahwa Narkotika adalah zat atau obat baik yang bersifat alamiah, sintetis, maupun semi sintetis yang menimbulkan efek penurunan kesadaran, halusinasi, serta daya rangsang. Obat-obatan tersebut dapat menimbulkan kecanduan jika pemakaiannya berlebihan. Pemanfaatan dari zat-zat itu adalah sebagai obat penghilang nyeri serta memberikan ketenangan. Penyalahgunaannya bisa terkena sanksi hukum.  Pemakaian zat-zat narkotika hanya diperbolehkan untuk kepentingan medis sesuai dengan pengawasan dokter dan juga untuk keperluan penelitian. Selebihnya, obat-obatan tersebut tidak memberikan dampak positif bagi tubuh. Dalam pemaparan materi selanjutnya juga dijelaskan mengenai HIV-AIDS.

Ibu Asni Kusumaningrum juga menjelaskan terkait HIV bahwa HIV (human immunodeficiency virus) merupakan virus yang merusak sistem kekebalan tubuh dengan menginfeksi dan menghancurkan sel CD4. Jika makin banyak sel CD4 yang hancur, daya tahan tubuh akan makin melemah sehingga rentan diserang berbagai penyakit. HIV yang tidak segera ditangani akan berkembang menjadi kondisi serius yang disebut AIDS. Pada tahap ini, kemampuan tubuh untuk melawan infeksi sudah hilang sepenuhnya. HIV AIDS dan narkoba sama-sama merugikan diri sendiri dan lingkungan.

Setelah Pemaparan terkait “Sosialisasi Pencegahan Narkoba & HIV AIDS Sejak Usia Dini & Bahayanya Bagi Generasi Muda” selesai , dibuka sesi Tanya Jawab untuk menambah pemahaman terkait Narkoba dan HIV AIDS. Alhamdulillah Kegiatan Sosialisasi dari BNN dapat berjalan baik tanpa adanya halangan dan diharapkan dengan adanya sosialisasi tersebut remaja desa Karangpule dapat lebih paham bahaya dari Narkoba & HIV AIDS dan dapat menghindari dari pemakaian barang – barang tersebut.

By.KKN Kelompok 100 UIN SAIZU Purwokerto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *