JUBERLINGMAS

(JUM’AT BERSIH KELILING MASYARAKAT)

Kerbesihan lingkungan adalah bagian yang sangat penting untuk terciptanya suasana nyaman, bersih asri, yang akan berdampak positif bagi warga masyarakat. kemudian, Juberlingmas sendiri merupakan salah satu program kerja dari Mahasiswa KKN Universitas K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto, yang mana dalam program kerja tersebut, mahasiswa KKN melakukan Jum’at Bersih Keliling Masyarakat.

Sesuai dengan namanya, Juberlingmas dilaksanakan setiap hari jum’at. Dan biasanya dimulai saat pagi hari. Hal ini dilakukan agar sebelum terlaksananya sholat jum’at, masjid sudah dalam keadaan bersih. Sehingga nyaman digunakan untuk beribadah kepada Allah SWT.

Latar belakang dibuatnya program kerja “Juberlingmas”, yaitu dikarenakan ada beberapa tempat ibadah (masjid/mushola) di Desa Karangpule yang masih kurang terawat kebersihannya, seperti: alat sholat (mukena, sajadah) yang bau, dan tidak diletakan pada tempatnya, serta kondisi tempat wudhu ataupun kamar mandi yang terbilang masih kotor.

Seperti yang dijelaskan di atas, maka dapat kita lihat bahwasannya sasaran program kerja “Juberlingmas” adalah masjid dan mushola-mushola disekitar Desa Karangpule.

Kaitannya dengan manfaat juberlingmas yaitu tetap terjaganya kebersihan, kesucian, dan kerapihan masjid ataupun mushola-mushola di Desa Karangpule. Dengan demikian, bagi warga desa Karangpule yang akan melaksanakan ibadah ataupun sholat di masjid atau mushola dapat melaksanakannya dengan khusyu.

Adapun agenda ini diharapkan dapat terus berlangsung di Desa Karangpule, meskipun sudah tidak ada lagi mahasiswa KKN di Desa Karangpule.

By. KKN Kelompok 100 UIN SAIZU Purwokerto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *