PRAKTEK PEMANFAATAN ECOENZYM SEBAGAI ALTERNATIF PEMANFAATAN LIMBAH ORGANIK RUMAH TANGGA

salah satu isu permasalah yang tidak ada hentinya baik di Indonesia maupun di belahan dunia manapun adalah sampah. Sekitar 60% sampah di Indonesia terdiri dari sampah organik. Sampah organik yang terus menumpuk dan tidak dapat diolah dengan bijak akan berbahaya bagi kelangsungan hidup manusia dan alam. sampah organik yang terus menumpuk juga akan menghasilkan gas metana yang apabila terus menerus ditimbun akan menyebabkan efek gas rumah kaca, dimana suhu bumi akan naik menjadi lebih panas. Melihat hal itu, perlu adanya penangan lebih lanjut terkait permasalahan sampah limbah rumah tangga yang belum bisa di olah dengan bijak terutama sampah organik. Melihat permasalahan tersebut, Mahasiswa KKN kelompok 100 UIN SAIZU Purwokerto berinisiatif untuk membuat program kerja berupa pengolahan limbah rumah tangga khususnya bahan organik seperti sayur dan buah.

Kegitan ini dilaksanakan pada hari minggu, 31 Juli 2022 Pukul 13.00 WIB ,bertempat di Balai desa Karangpule yang dihadiri oleh Ibu – ibu PKK desa Karangpule. Adapun Kegiatan tersebut diawali dengan sosialisasi terkait Apa itu Ecoenzym, Kemudian dilanjutkan dengan Proses Pembuatan Ecoenzym dan tidak lupa juga dijelaskan Manfaat dari penggunaan Ecoenzym.

(Proses Pembuatan Ecoenzym sekaligus menerangkan Manfaat Ecoenzym)

Ecoenzym merupakan proses fermentasi dari larutan gula, sisa sayur ataupun kulit buah yg masih fresh kemudian ditambah air kemudian dicampur jadi 1 dengan perbandingan 1:3:10. Kemudian Dari Mahasiswa KKN UIN SAIZU Purwokerto Menunjukkan Proses pembuatan ecoenzym, Biasanya Proses memakan waktu Kurang lebih 3 bulan dengan hasil ecoenzym berwarna coklat muda sampai tua serta beraroma khas seperti asam cuka.

Ecoenzym dapat bermanfaat bagi tubuh manusia, keperluan rumah tangga, alam dan udara. Manfaat bagi manusia, ecoenzym dapat digunakan sebagai bahan campuran skincare seperti toner, pencampur cream, sabun, shampo, obat luka maupun obat bakar. Keperluan rumah tangga diantara nya seperti bisa digunakan untuk pembersihan lantai, kloset, sabun cuci piring dan pengganti detergen. Kemudian untuk alam sendiri ecoenzym dapat menetralkan udara yang kotor, danau yang tercemar maupun tanah yg tandus, ecoenzym juga dapat menyuburkan tanah dan tanaman yang berfungsi seperti pupuk.

By. KKN Kelompok 100 UIN SAIZU Purwokerto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *