KKN Reguler Kelompok 100 UIN SAIZU Purwokerto: BIAN (Bulan Imunisasi Anak Nasional) di Posyandu Kemangi 1 dan Kemangi 2, Desa Karangpule, Padamara, Purbalingga

Jum’at, 19 Agustus 2022 bertempat di Gedung PKD (Pusat Kesehatan Desa) Desa Karangpule Kecamatan Padamara, Kabupaten Purbalingga, telah diadakan kegiatan Posyandu Balita yang bersamaan dengan pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) oleh Petugas Posyandu Kemangi 1 & 2 beserta Mahasiswa dari KKN UIN SAIZU Purwokerto Kelompok 100.

Kegiatan Posyandu di desa Karangpule biasanya diadakan di Minggu 1 dan 3 , Kegiatan ini dilaksanakan mulai pukul 08.00 WIB dan berakhir sekitar pukul 12.00 WIB. Ibu-ibu yang memiliki balita sangat bersemangat dan berpartispasi untuk mengikuti kegiatan ini, terbukti dengan antusias mereka datang ke lokasi imunisasi. Mereka berharap dengan mengikuti imunisasi ini daya imunisasi bayi dan anak mereka lebih terjaga dan tidak mudah untuk terserang penyakit.

Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) merupakan upaya yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan tahun 2022 untuk menggalakkan cakupan imunisasi rutin anak yang sempat menurun selama pandemi COVID-19. Pemberian imunisasi terbukti melindungi anak-anak dari penyakit berbahaya sehingga anak lebih sehat dan lebih produktif. Tak hanya itu, manfaat dari imunisasi juga jauh lebih besar dibandingkan dampak yang ditimbulkan di masa depan.

Mahasiswa KKN Kelompok 100 sangat berpartisipasi dengan aktif dan turut membantu serta memeriahkan kegiatan tersebut, mulai dari penyambutan tamu, pengondisian acara, sampai membersamai prosesi posyandu, seperti mengukur tinggi badan, menimbang berat badan, mengukur lingkar kepala, pemberian vitamin dll.

By. KKN Kelompok 100 UIN SAIZU Purwokerto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *